Liburan Natal di Linz...

Servus,

Ini cerita liburan akhir tahun 2016, tepatnya 1 hr stlh Natal. Sama sekali gak ada ide buat jalan2 ke kota ini sebenernya, karena biasa kota ini cuman sbg tempat transit sementara atau tempat pindah kereta menuju kota lain di Austria. Tapi salah 1 teman baik di kantor dulu, Caroline dan temannya Grace, lagi jalan2 keliling di Eropa, dan ngajak ketemuan. Setelah di cari2 waktu yang pas, karena suami kerja, dan baru bisa libur pas Natal, jadilah kami janjian ketemu di kota ini dhe... hehe

Met Oline & Grace in Linz

Linz, salah 1 kota bagian atas di Austria ini, terletak di antara Salzburg dan Vienna. Kota dengan penduduk sekitar 200rb orang,seluas 196rb km2 (sumber: wikipedia). Kami berangkat dari rumah menuju Linz menggunakan kereta Öbb, harga tiket-nya 15,20€/org. Kami bertemu dan janjian menginap di hotel yang sama, di hotel Park Inn by Radisson, yang semalam-nya 76,5€ ( no breakfast). Sebelum ke hotel, saya dan suami beli dulu tiket harian 4,4€/org/24jam, bisa di gunakan untuk naik tram.

Tiket schä-Linz dan Tiket harian di Linz

Setelah check in dan taruh koper, kami ber-empat langsung menuju ke Pöstlingberg. Pöslingberg ini terletak di posisi atas, puncak gunung Linz. Kami naik tram yang terdekat dari hotel (Mozarkreuzung) menuju Hauptplatz, dari situ menuju Pöstlingberg menggunakan kereta khusus untuk naik ke atas, namanya Pöstlingbergbahn. Harga tiket-nya untuk naik dan turun balik 6,1€/org. Pemandangan sepanjang kami naik ke atas sangat bagus2 sekali, dan kita bisa lihat view kota Linz dari puncak atas. Di Pöstlingberg, terdapat gereja dengan arsitektur yang gak kalah menarik dengan gereja di kota lain, namanya Pöstlingberkirche. Setelah masuk ke dalam gereja, kami jalan2 sepanjang perbukit-an di atas sambil foto2 juga tentunya hehe
Ada resto dan cafe juga di sana, tapi kami gak coba, karena memutuskan untuk segera turun kembali sebelum waktu sore dan gelap (karena pas Desember sekitar jm 5an sore sudah mulai gelap).

Tiket Pöstlingbergbahn up&down

Pöstlingbergbahn

Di dpn Pöstlingbergkirche

Pöstlingbergkirche

foto2 di atas bukit

mumpung ada yg foto-in kita hehe

view Linz dr Pöstlingberg

Sesampainya kami kembali di hauptplatz, kami berjalan kaki menuju New Cathedral Linz. Gereja ini juga memiliki arsitektur yang menarik dan di sebut2 sebagai gereja terbesar di Austria, woww... saya saja baru tau setelah menulis blog ini, hehe karena pas jalan kemarin, ikut2 aja kemana tujuannya, karena sama sekali gak terlalu googling kota ini, hehe Berhubung kesini sudah gelap, jadi pas masuk dan foto2 di dalam gereja ini hasilnya gelap banget, mau pakai flash gak mungkin karena takut nanti di tegur foto2 pakai flash. Nextime kalau ada kesempatan lagi ke Linz, bakal kesini lagi.. :)

Altar di Mariendom

Rudigier-Orgel

Setelah dari New Cathedral Linz, kami jalan kaki lagi dan berhubung sudah agak lapar, jadi mampir dulu ke Subway dhe.. :) Setelah kenyang, kami menggunakan tram menuju ke hauptplatz lagi, dan jalan kaki santai foto2 dengan latar belakang Ars Electronica Centre. Bangunan berwarna warni itu ada yang bilang museum tapi ada juga yang bilang tempat edukasi/science. Kami gak masuk ke dalam, cuman foto2 di depan bangunan-nya aja yang warna warni itu hehe

di dpn AEC-Linz

Pasar natal, tapi kita ksini sudah selesai

Habis itu kami memutuskan untuk ngopi2 aja, karena mau makan udah kekenyangan juga sih.. hehe Ngopi2 cantik-nya di Vapiano, pesen cappucino, tiramisu, cheesecake, baileys ber-empat habis sekitar 31,4€.

Tiramisu

Cheesecake

Keesokan hari-nya kami sarapan di McD, berhubung di hotel kami gak pilih breakfast disana. Tau sendiri sarapan di hotel gitu2 aja, plus nambah lagi di luar tarif kamar, jadi agak2 males sih.. hehe Salah 1 cara irit versi saya ya sarapan di luar aja hehe Menu breakfast di McD ini macam2, harga-nya sekitar 2-5€/ paket, cukup terjangkau khan... 1 Menu breakfast bisa terdiri dari 1 McMuffin/McCroissant plus 1 cappucino/susu coklat. Kalau kurang kenyang bisa beli 2 menu kok haha

Sekitar jam 10an, kami akhirnya berpisah dengan Olin dan Grace, karena mereka melanjutkan jalan2 ke Ceko dan Praha ;( huhu pengen ikutt... tapi berhubung menjelang tahun baru, jadi harga hotel dan kereta agak mahal, jadi kami gak ikutan dhe..

Auf Wiedersehen :)

Setelah berpisah dengan Olin dan Grace, kami sekalian check out tapi masih nitip koper di hotel, karena kami mau jalan2 sebentar ke Primark haha Gara2 di provokasi sama Olin, kalau di Primark itu murah2, jadi tergiur dhe mau belanja kesana.. Primark lokasi nya di dalam mall PlusCity, agak jauh dari centrum Linz, kesana kami naik tram lagi sampai di Pashing b.Linz, kira2 45mnt. Di Primark memang secara harga murah2 dan model2nya juga lumayan update, cuma secara kualitas yah biasa aja yah menurut saya.. Cuma kalau untuk pakai dalam jangka waktu gak terlalu lama, boleh lah belanja baju/sepatu di sini. Kemarin nemu jaket 3in1 buat winter harganya 15€ doank, tapi ya gitu, begitu di pake pas suhu udah minus, tetep aja berasa dingin nya haha Harga sepatu dan tas juga murah2, sekitar 7-15€, lumayan khan..

Setelah muter2 di Primark, kami makan siang dulu di KFC haha lagi2 junkfood, yaudahlah ya, namanya juga liburan, puas2in makan enak hehe Kami buru2 balik ambil koper lagi ke hotel, karena kami akan berangkat untuk liburan lagi ke Salzburg.. yeaayy... Sebelumnya kami beli tiket tram lagi menuju Linz hbf, karena tiket yg 24jam kemarin sudah lewat waktu-nya. Meskipun untuk 1x jalan dan kadang gak di periksa, sebaiknya tertib yah, kalau memang waktu tiket-nya sudah habis, yah harus konsekuensi beli lagi yang baru ;)

Tiket 1x jalan

Total pengeluaran di Linz:
Hotel                              : 76,5€
Tiket Sch-Linz               : 15,20€/org
Tiket harian                    : 4,4€/org
Tiket kereta 1way          : 2,2€/org
Tiket Pöstlingbergbahn  : 6,1€/org
Subway                          : 10,18€ (ber-2)
Vapiano                          : 31,4€ (ber-4)
McD (b'fast)                   : 7,2€ (ber-2)
Primark                          : 40,5€

total sekitar 221,58   €

Auf Wiedersehen Linz....

Popular posts from this blog

Proses pengurusan ijin tinggal (residence permit) dan visa (D) Schengen ke Austria

Family Trip - Part 2 ( Hallstatt )