Liburan Akhir Tahun di Salzburg

Servus,

Hari ke 1

Hai hai... ini edisi throwback yang lumayan lama sih sebenernya, haha tapi baru sempet di tulis jalan2 nya.. Liburan ke Salzburg ini lanjutan dari liburan natal kemarin di Linz. Cek postingan liburan di Linz di sini  Kita liburan di Salzburg 27-29  Des'16, pengennya sampai tahun baru tapi apadaya, pas tahun baru apa2 mahal ya khan... haha

Salzburg salah 1 kota di Austria yang harus banget di kunjungin.. Buat sebagian orang mungkin ah males di Salzburg gak ada apa2, tapi percayalah... Salzburg itu banyak apa2nya kok... Serius, selama 3hari 2mlm di sini, kok kayanya kurang dan kami udah bertekad, nanti harus main2 lagi ke Salzburg, mumpung gak terlalu jauh dr tempat tinggal kami, sekitar 2 jam pakai kereta..

Perjalanan dari Linz menuju Salzburg sekitar 1 jam menggunakan kereta Westbahn. Harga tiket-nya 14,4€/ org. Kami beli langsung dari petugasnya di dalam kereta.

tiket WB Linz-Salzburg

Tiba di stasiun Salzburg, kami beli tiket harian di mesin, beli-nya gak di dalam stasiun, tapi di luar, yang ada banyak bus/ tram dengan berbagai nomor. Untuk tiket harian 4€/org/24jam.

tiket harian Sazburg

Di Salzburg, kami menginap di Arcotel Castellani, untuk 2malam 167,4€ ( non Breakfast), ukuran kamar gak terlalu besar, kamar mandi juga kecil, tapi kasur-nya nyaman dan kami dapat gift kecil berupa Mozzartball, hehe Oia, just info, Mozzartball ini salah 1 coklat khas di Sazburg yah.. ;)

Kasur di hotel berserta Mozzartball hehe

Kami tiba di Salzburg sudah agak sore, jadi setelah beristirahat sebentar di hotel, kami jalan menuju Centrum. Dari hotel ke halte bus, jalan kaki sekitar 5 mnt jadi lumayan deket yah..Nama Halte dekat hotel adalah Akademiestraße. Kami rencana makan di salah 1 resto asia di centrum, jadi kami turun di halte Ferdinand Hanuch platz, tapi sayangnya tempat makan yang mau kita datangi ternyata tutup hiks... jadi akhirnya kami cari2 lagi resto Asia yang lain. Oia, kenapa sih kami cari2 resto Asia, yah..karena keseringan makan menu2 barat, kangen banget pengen makan Asia, haha padahal saat itu baru 1bln di Austria, tapi udah kangen makanan Asia hehehe

Akhirnya kami menemukan Happy Asia, lokasi nya sudah mengarah ke stasiun kereta. Kami waktu itu jalan kaki kesana, haha lumayan jauh dan capek juga, di tambah saat itu bln Des khan lagi musim dingin, untung belum turun salju, tapi suhu nya sudah sekitar 5°C, lumayan dingin khan..hehe

Makan di Happy Asia, kami memesan menu kesukaan setiap ke resto asia, yaitu mie goreng dengan toping bebek crispy hahaha Kalau bahasa Jerman nya adl Gebratene Nudeln mit knuspriger Ente. Rasanya, duhh enak banget... dan porsinya buanyaakk... hahaha Tapi gak sempet foto, maklum lah, udah kelaperan, jadi langsung makan... hehehe Harga menu utk Mie grg €7,9/porsi, dan utk minuman skitar €2,5

Setelah makan, kami balik lagi ke centrum, karena ternyata masih ada Chrismast Market di sana. Lokasi nya di Stern. Muter2 sebentar trus foto2 dan minum glühwein disana. Lanjut jalan2 di sekitar sungai Salzburg sambil menikmati pemandangan Salzburg di malam hari yang cantik bangett, padahal udara udah lumayan dingin...

Christmast Market Stern

Patung Mozart

Mozartplatz

Salzburg zentrum

View dari pinggir sungai

Hari ke-2

Keesokan harinya rute kami adl jalan2 ke beberapa lokasi syuting Sound of The Music (SOM). Ohya, buat yang belum tau, SOM adl film musikal yang terkenal banget, ini film dari tahun 1965, salah 1 pemainnya Julie Andrew. Lagu-lagu yang cukup terkenal hingga sampai sekarang seperti My Favorite Things, Do-Re-Mi, Sixteen going to Seventeen dll. Untuk lokasi asli ada beberapa yang agak jauh dari pusat kota Salzburg, seperti gereja tempat Maria dan Capt. Von Trap menikah. Kami memutuskan untuk jalan sendiri daripada ikut tour. Tour untuk SOM ini harganya terbilang cukup mahal sih, sekitar €42/org, tapi titik lokasi nya sampai ke tempat yang jauh dr pusat kota itu jadi mungkin kl bener2 ada waktu dan biaya lebih, boleh kalau mau coba tour-nya. Sebelumnya kami sarapan dulu di dekat centrum, karena naik Autobus juga dari situ. Sarapan roti dan kopi untuk berdua total €7,08

Breakfast with donut n coffee

Pertama, kami menuju ke Hellbrunn Castle ( Schlosshellbrunn), menggunakan AutoBus no 25 dari Mozartplatz, jaraknya agak jauh sekitar 20mnt perjalanan, tapi sepanjang perjalanan lihat kanan kiri banyak view pegunungan bagus banget.. Turun di halte Schlosshellbrunn, lalu jalan kaki sekitar 5mnt, dan masuk ke dalam. Sayangnya, saat kami kesana, Christmast market baru saja selesai, dan untuk masuk ke dalam Museum (di dalam-nya jg ada atraksi Trick Fountain) sedang tutup, karena masuk di musim Winter, baru di buka kembali bulan April. Salah 1 yang menarik dari kastil ini adalah tour Museum-nya dan banyak di review orang bagus, mungkin next time kami bakal kembali lagi yah, hehe Berhubung museum-nya tutup, akhirnya kami jalan2 di sekitar kastil/ taman-nya dan itu bagus banget, gak kebayang luar nya aja bagus, apalagi kl sampe masuk museum nya yah hehe Foto2 di taman, dan kami sempat jalan2 nyari gazebo/pavilion yang di pakai saat adegan lagu Sixteen going to Seventeen, akhirnya malah nyasar naik2 bukit ke atas,yang di atas nya juga ada museum namanya Volkskunde Museum, yang juga tutup,haha Naik-naik lagi ke bukit, eh dapat view bisa lihat Hellbrunn Castle dari ketinggian. Dari atas bukit, akhirnya kami cari info di Map, ternyata pavilion nya di bawah dan deket pintu keluar yang 1 lagi. Oia, untuk masuk kesini itu free alias gratis, kalau cuman ke taman2nya dan ke pavilion-nya, tapi kalau masuk ke Museum dan Trick Fountainnya baru bayar,cuma berhubung saat itu tutup, jadi kurang tau juga berapa tarif tiketnya.

SchlossHellbrunn Park

Pavilion The Sound of Music

Description Pavilion The Sound of Music

slh 1 spot foto2 :p

Setelah puas foto2, kami melanjutkan perjalanan lagi kali ini ke SchlossLeopodskron, tapi sebelumnya kami makan siang dulu. Cari info resto Asia (again hehe), ternyata di hari itu tgl libur, jadi akhirnya kami melipir ke resto India di sebelahnya, Ashoka Restaurant dan berharap makanannya enak, soalnya sempet lihat review di Tripadv kalau resto tsb krg bagus pelayanan dan makanannya biasa. Well, berhubung laper banget, yaudahlah kita coba hehe Kami milih menu makan siang (mittagsmenu) seperti Murg curry (kari ayam) dan Nasi briyani. Pelayanan cukup oke kok, bapak maupun ibu nya entah yang punya atau bukan, ramah, dan makanannya juga enak kok menurut lidah kami ya.. hehe Makan siang disini sekitar 25€ untuk berdua.

Menu 1 : Mutton Briyani (nasi briyani)

Menu 2: Murg Curry (kari ayam)

Makanan nya ;p

Selesai makan, lanjut menuju SchlossLeopodskron dengan menggunakan AutoBus lagi. Kami turun di halte Sandor Vegh Str, dari situ jalan kaki sekitar 15mnt menuju lokasi. Pas sampe sana, agak kaget sih, ternyata itu skrg sudah berubah fungsi menjadi hotel, hehe bayangannya tuh, bakal masuk ke dlm rumah Von Trap hahaha ternyata itu cm lokasi bagian belakang rumah yang ada scene naik perahu di danau rame2 hehe Jadilah kami foto2 aja dengan latar belakang hotel dan danau, tapi gak kecewa juga karena pemandangannya keren, view gunung.. Kesini tentu saja gratis, wong cuma di luar pinggir2 danau kok, hehehe

just two of us ;p

SchlossLeopodskron

Beautiful mountain

Selesai dari SchlossLeopodskron, kami balik lagi ke zentrum menggunakan AutoBus di halte yang sama dari kami turun. Dari situ, kami muter2 zentrum, mampir ke Salzburg Cathedral square, lalu jalan kaki ke pinggir2 sungai lagi sambil tak lupa foto2 (again) hehe

Sunset at Salzburg

Salzburg Fostress di atas (blm smpt kesini)

Salzburg Cathedral (samping)

Salzburg Cathedral (depan)

Habis itu, kami cari makan malam, dan bingung mau makan apa, haha akhirnya memutuskan makan di Burger King, samping Salzburg hbf. Makan berdua habis sekitar 13€. Selesai makan malam, kami balik lagi ke hotel, dan capek juga jalan seharian hehe

Oia, pas sore karena masa berlaku tiket harian sudah 24jam, kami beli tiket harian lagi. Karena gak ketemu mesin buat beli tiket, jadi kami beli di supir AutoBus nya langsung hanya saja harga lebih mahal, huhuhu Tiket harian 24jam seharga 5,7€/org sedangkan kalau beli di mesin hanya 4€, jadi inget2 ya. Salah 1 trik nya sih bisa kalau ketemu mesin tiket, biasa di halte besar spt di zentrum itu ada, nah beli dulu tiketnya, tapi di tap ke mesin di AutoBus nya nanti kalau jam tiket yang sebelumnya habis. Sayangnya kami waktu itu kelupaan beli pas pagi nya di zentrum hehehe Gpp, namanya juga jalan2, haha

Tiket harian 24jam yang beli di supir Autobus

Hari ke-3

Hari terakhir kami di Salzburg, di habiskan dengan muter2 di zentrum aja sih, dan jalan2 di pinggir sungai sambil menikmati pemandangan kota Salzburg yang cantik banget.  Sarapan pagi sama seperti hari ke-2 menu roti dan kopi untuk memulai hari, sekitar 7€ untuk berdua. Dari situ, kami jalan kaki santai masuk ke dalam zentrum. Dan menemukan 1 tempat yang ruameee sekali dengan rombonga tour, karena penasaran ikutan liat juga dan ternyata ini adalah Rumah tempat kelahiran Mozart. Gak masuk ke dalam museum, cukup foto2 dr luar aja hehe Masuk ke dalam museum Mozart ini untuk dewasa 10€/org. Lucu banget, ada cerita 1 hr sebelumnya sempet ngomong ke suami, ini rumah mozart yang mana sih, kok kita muter2 zentrum gak ketemu, eh ternyata karena muter2nya dah malam, gak keliatan itu rumah, pas siang baru keliatan dan bangunannya ya jadi 1 sama toko2 di samping2nya hehe Dan kalau siang rame banget ma org tour di bawa kesini, jadi gak sah takut nyasar, liat aja bangunan kuning yang rame banget hahaha

Mozart Geburthaus

Setelah dari situ, kami jalan kaki menuju Mirabel Garden. Sambil jalan lewat pinggir sungai lagi, dan lewat jembatan yang banyak pasang gembok cinta kaya di Paris hehe Sayangnya pas kami ke Mirabell Garden, tanaman nya lagi gak tumbuh, ya iyalah, itu di Desember dan lagi musim dingin, mana numbuh tuh bunga2nya hahaha Dan juga Garden nya di tutup ada pagar pembatas, meskipun masih bisa foto2 sih, cm gak bs masuk area dlm taman-nya. Yah... semoga pas kesini di musim panas, bisa lihat tanaman dan bunga2nya tumbuh cantik2 yah.. :) Dan masuk kesini lagi2 gratis, hehe

capture by hubby ;)

Gagal foto keren, tiba2 ada yang masuk frame :o

Mirabell Garden (msh d tutup taman-nya)

Wefie with hubby ;)

Dari Mirabell Garden kami jalan kaki lagi balik kearah zentrum menuju halte HanuschPlatz, karena mau menuju ke Karajan Platz dan Pferdeschwemme (Patung kuda), yang merupakan salah 1 monumen di Salzburg. Menuju kesana kami sempat nyasar, salah naik AutoBus harusnya jalan kaki aja juga bisa hehe Pas sampai patung kudanya, astaga, background belakangnya itu lho, gimana ya, semacam tebing2 jd keliatan bagus dan rasanya ngeliat langsung sama liat di foto beda banget dhe feel nya (maaf foto nya gak bs bagus ala2 photografer) hehehe

Pferdeschwemme (Patung kuda)

Dari patung kuda, kami jalan kaki lagi menuju Sigmundstor Tunnel, yaitu terowongan sepanjang 135mtr yang di bangun tahun 1764-1767 dan menjadi penghubung antara Aldstat dengan distrik yang lain di Salzburg.

Sigmundstor Tunnel (sisi 1)

Bagian dalam Sigmundstor Tunnel

Sigmundstor Tunnel (sisi 1 nya)

jalan kaki banyak pemandangan

Setelah foto2, kami balik lagi jalan kaki menuju zentrum, buat balik ke hotel untuk ambil koper yang kami titipkan setelah check out. Sambil jalan, foto2 terus, karena di sini kayanya setiap spot kok ya bagus, hehe *emang dasar banci foto aja sih Lol

paksu di paksa foto ;p

foto dgn ltr blkg Salzburg fotress

candid by hubby :p

Balik ambil barang dari hotel, kami langsung bergegas ke Sazlburg hbf menggunakan Auto Bus. Sebelumnya mampir dulu ke Happy Asia, beli bekal buat maksi di rumah, hehe Menu yang sama lagi, mie grg dgn bebek crispy, beli 2 porsi seharga 8,9€/ porsi. Kami pulang menggunakan Öbb dengan tiket 33€ untuk 2 org.

Salzburg kota yang indah, dan pasti bakal balik lagi, apalagi kami belum sempat main ke Hallstatt. Biasa ke Hallstatt, orang2 nginap di Salzburg dan ada 1 hari pp salzburg-Hallstatt, karena akses transportasi nya juga lebih gampang dari Salzburg. Next time, kami balik lagi sekalian main ke Hallstatt, tunggu postingan selanjutnya yah... hehe

Total Liburan di Salzburg:

Total pengeluaran sekitar 355,68€ untuk 2 org

Auf Wiedersehen Salzburg...

Perjalanan pulang dengan kereta

Popular posts from this blog

Proses pengurusan ijin tinggal (residence permit) dan visa (D) Schengen ke Austria

Family Trip - Part 2 ( Hallstatt )