Family Trip - Part 2 ( Hallstatt )

Servus,

Melanjutkan postingan dari liburan bareng keluarga kemarin  Part 1 , setelah muter2 di Salzburg selama 2,5 hari ( karena hari ke-1 di hitung 1/2 hari aja 😁 ), kami berangkat menuju Hallstatt. Hallstatt salah 1 tempat yang harus banget di kunjungi dan merupakan salah 1 bucket list saya pribadi sih πŸ˜‰ Dan akhirnya kesampaian juga kesini apalagi bisa bareng2 sama keluarga, seneng banget 😍. Oia, saat kami kesini di bulan Maret, pas suhu lagi dingin, karena beberapa hari sebelumnya hujan terus, bahkan pas kami di sini sempat hujan gerimis πŸ˜„

Berangkat dari Salzburg menuju Hallstatt, kami memilih menggunakan kereta. Ada beberapa alternatif menuju Hallstatt, bisa menggunakan kereta, bus, mixed kereta dan bus, dan tentunya mobil pribadi. Dari Salzburg Hbf, beli tiket Einfach-Raus-Ticket, untuk 1 harian ber-5 seharga 45€. Waktu perjalanan 2,5 jam. Berangkat pkl 08.39 dan tiba 11.24, berhenti 1 stasiun dan ganti kereta 1x di Attnang-Puchheim Hbf.

view sepanjang perjalanan, cantik2...

Setibanya di Hallstatt Bahnhof, kami langsung menuju kapal kecil (ferry) yang mengangkut kami ke Hallstatt. Jadwal ferry nya itu sesuai dengan jadwal tiba kereta yang dari Salzburg kok, jadi gak perlu khawatir menunggu lama ferry-nya. Untuk naik ferry menuju Hallstatt, dikenakan tarif 2,5€/ org untuk 1x jalan. Jadi kalau pulang pergi tarif nya 5€/ orang.

Hallstatt Bahnhof

Kapal ferry

Petunjuk menuju ferry

Hallstatt terletak di Upper Austria dan termasuk dalam wilayah Gmunden seluas 59.8 km2.  Hallstatt juga merupakan tempat memproduksi garam, bahkan ada tour untuk melihat produksi tambang garam-nya (Hallstatt Salt-Mine). Sayang-nya kami gak sempat untuk lihat ke tambang garam-nya, karena waktu-nya gak banyak, dan perjalanan balik hampir 3jam menuju Salzburg. Semoga ada kesempatan bisa balik lagi dan datang khusus untuk ke tambang garam-nya, soalnya penasaran juga kalau lihat beberapa review bagus dan menarik untuk di lihat πŸ˜‰  Dan juga ada Hallstatt skywalk juga yang belum kesampaian di lihat..

Beautiful Hallstatt

Selama di Hallstatt kami muter2 keliling disana. Ada Gereja (Catholic Parish church) letaknya agak atas sedikit, di sana ada makam dan tempat penyimpanan tulang tengkorak 'Bone House' ( gak kesitu, saya lupa soalnya hehe) lalu dari situ kami sempat hiking sekitar 30mnt sampai kaki gunung Alpen πŸ˜… Gara2 gak tau jalan, dan nyari spot foto, eh nyasar sampai atas2 kaki gunung hahaha Tapi gpp, jadi kenang2an dan jarang2 khan turis naik2 sampai atas kaki gunung Alpen 😁.  Setelah balik turun dari hiking, kami jalan sambil foto2 lagi dan akhirnya ketemu juga spot foto yang kaya di postcard2 hahaha

Hallstatt Lutheran Church

Catholic Parish church

Hallstatt Lutheran Church (left) & Catholic Parish church (right)

Hiking sampai atas kaki Gn. Alpen

Iseng banget khan si papa πŸ˜‚

Istrirahat, capek hiking 😁

Penjelasan Alpen

Foto dengan view Gunung Alpen

Spot foto (lihat yg ada kuning2 tanda)

It's feel like being in Postcard 😍

My husband and I 😘

Setelah foto, kami muter ke Oldtown dan masuk ke beberapa toko souvenir. Untuk souvenir di Hallstatt menurut saya harganya bervariasi yah, salah 1 yang agak unik untuk di jual adalah garam hehe Ya, karena Hallstatt ada tempat tambang garam, jadi salah 1 souvenir yang di jual di toko ya garam hehe Tapi kalau saya lihat, yang di jual sama kok dengan yang ada di supermarket Austria, bahkan harganya lebih murah di supermarket. Untuk harga magnet, sekitar 5€ dan postcard dari ukuran kecil - besar sekitar 0,5€- 1€. Sebenernya saya ada naksir puzzle yang 1000 keping, berlatar belakang Halllstatt tapi berhubung harganya sampai 20€ jadi mikir2 dhe, trus sekarang pas nulis blog ini jadi keinget trus kemudian nyesel gak beli πŸ˜–

Oldtown Hallstatt

Rumah2 yang unik dan berbukit2

Papa mau rumah model gini kaya-nya πŸ˜†

Lucu ya, rumah pink hehe

Happy 😍

Toko souvenir yang rame

Setelah jalan dan beli souvenir, bersiap kembali ke dermaga ferry. Rencana pulang kembali ke Salzburg dengan kereta jam 16.32 jadi kami bersiap menuju dermaga kapal ferry. Kapal ferry berangkat 15 mnt lebih awal sesuai dengan jam kereta. Jadi jam 16.15, kapal sudah berangkat, jangan sampai terlewat, kalau lewat ya nunggu jam berikutnya lagi, dan kereta ke Salzburg juga harus tunggu lagi.

Noted: Lebih baik mem-foto jadwal kapal ferry, supaya gak kelewatan karena lagi asik muter2 di Hallstatt πŸ˜‰

Jadwal Ferry balik ke Hallstatt bahnhof

Sebelum pulang, sambil nunggu jam kapal ferry berangkat, isi perut dulu 😁 Beli ayam panggang dan kentang, di makan rame2 hehe Lokasi nya depan dermaga persis, dan rame karena lumayan enak juga.

Menu

Yummy πŸ˜‹

Pukul 16.32 Kereta yang menuju Salzburg tiba, kami gak perlu beli tiket lagi karena pakai tiket Einfach-Raus-Ticket. Kereta berhenti di Attnang-Puccheim Hbf, dan kami memutuskan cari resto dulu untuk cemilan alias penganjal perut hehehe,dan untungnya ada resto buka dekat hbf. Beli kue dan kopi tentunya πŸ˜‹ Setelah itu perjalanan kami kembali ke Salzburg menggunakan kereta pkl 19.00 dan tiba di Salzburg 1 jam kemudian. Lalu kami lanjut makan malam di Happy Asia, karena lokasi Happy Asia dekat hbf, jadi searah balik ke hotel juga. Selanjutnya kami balik ke hotel untuk kemudian beres2, karena besok berangkat pagi2 menuju tempat berikutnya.

Auf Wiedersehen Hallstatt 😍

Total biaya pejalanan ke Hallstatt:
Tiket kereta 5org : 45€
Kapal Ferry PP @ 5€ : 25€
Snack dan Makan malam 5org : +/ 50€
Souvenir : +/ 15€
Total sekitar 135€

next destination : Prague

1. Terima kasih sudah buat blog ini, bagi saya sangat membantu sekali informasi yang anda tulis..