Family Trip - Part 3 (Prague/Praha)




Servus,


** wuahh... agak lama lanjutan cerita-nya, udah ber bulan- bulan, karena satu dan lain hal, baru sempet lanjutin lagi.. 😅 Semoga gak basi ya.. hahaha


Melanjutkan perjalanan liburan setelah ke Salzburg dan Hallstatt di Maret 2017 (bisa klik di sini ) , kami menuju ke Prague atau Praha. Ini pertama kali-nya buat saya datang kesini dan super excited kalau lihat hasil foto2 dan cerita jalan2 dari orang lain, sepertinya menarik dan katanya sih murah2 buat belanja 😁 *meskipun pada kenyataannya harganya sama aja gak murah2 amat haha

Sebelumnya, kami sudah booking tiket kereta dan bus menuju Prague di Westbahn. Dari Salzburg, kami menuju Linz menggunakan kereta, lalu menunggu sekitar 1jam, baru kami melanjutkan perjalanan menggunakan bus. Biaya untuk kereta dan bus 29€/org. Untuk menuju ke lokasi bus, dari Linz hbf keluar kearah terminal Bus dan lokasi bus tersebut berada di dekat Hotel Ibis. Perjalanan menuju Praha dengan menggunakan bus ditempuh sekitar 3,5 jam.




Sesampainya di Prague, kami turun di terminal Bus yang bernama Praha Florence Busbf, lalu kami membeli tiket harian seharga 110kc atau sekitar 4,2€. Nilai tukar dari Euro ke kc, 1€ sekitar 24-25kc, tergantung restaurant/toko konversi nya.


Tarif Tiket di Prague


Dari terminal bus, kami jalan kaki ke stasiun kereta yang tidak terlalu jauh dari terminal bus. Kami menginap di apartment yang lokasi nya tidak jauh dari stasiun Praha. Apartement City Spot yang lengkap fasilitas dari kitchen, coffee, tea, laundry dan memiliki 1 double bed, dan 4 twin bed di lantai 2, jadi 1 apartement bisa di isi 5-6 org. Tarif menginap di sini sekitar 326€/3mlm. Saya merekomendasi kan apartemen ini, karena lokasi dekat dengan stasiun kereta, akses tram juga gampang, dan fasilitas nya memadai serta enak untuk di isi rame-rame. Sayangnya gak sempat foto2 apartemen nya, karena pas sampai udah kecapean buat foto2 sebelum apartemen nya berantakan koper2 haha


Hari ke-2

Hari ini kami memutuskan jalan ke Prague Castle (Pražský hrad). Menuju kesini, dari apartement menggunakan tram no 22 dan jalan kaki sekitar 5 mnt menuju gerbang Prague Castle. Di dalam kawasan ini terdapat juga beberapa gereja yaitu St. Vitus Cathedral, St. George Basilica, All saint's.

" Prague Castle (Czech: Pražský hrad; [ˈpraʃskiː ˈɦrat]) is a castle complex in Prague, Czech Republic, dating from the 9th century. It is the official office of the President of the Czech Republic. The castle was a seat of power for kings of Bohemia, Holy Roman emperors, and presidents of Czechoslovakia. The Bohemian Crown Jewels are kept within a hidden room inside it.
According to the Guinness Book of Records, Prague Castle is the largest ancient castle in the world,[1] occupying an area of almost 70,000 square metres (750,000 square feet), at about 570 metres (1,870 feet) in length and an average of about 130 metres (430 feet) wide. The castle is among the most visited tourist attractions in Prague attracting over 1.8 million visitors annually. " Source : Wikipedia 



Prague Castle


Prague Castle Guard with Winter Uniform


at Kohl's Fountain


inside St. Vitus Cathedral 


St. Vitus Cathedral


St. Vitus Cathedral


St. George Basilica


St. George Basilica


View from above Prague Castle


Tram 22


Setelah dari kastil, kami turun ke bawah sambil berjalan santai menuju Old Town Prague. Sebelumnya kami sempat berkunjung ke John Lennon Wall, salah satu street art yang di abadikan untuk mengenang John Lennon dan Group Beatles sejak dari tahun 1980 bergantian para seniman membuat grafitti di sini.


Me 😊


My hubby and I 😘


Setelah itu kami jalan lagi melewati Charles Bridge (Karlův most), merupakan salah 1 icon dari kota Praha dan merupakan jembatan tertua disini yang dibangun dari tahun 1357. Jembatan dengan nama lainnya Stone Bridge memiliki panjang 621mtr dan lebar 10mtr. Terdapat sekitar 30 patung- patung yang masing2 memiliki sejarah sendiri. Sekilas beberapa foto dari patung yang ada di Charles Bridge.


St. Cosmas & Damian (1709)


John of Matha, Felix of Valois, & Ivan (1714)


John of Nepomuk, The oldest on the bridge (1393)


St Norbert, Wenceslaus, Sigismund (1853)


The Crucifix & Calvary (1657)


Di sepanjang jembatan ini banyak sekali stand jual pernak pernik, souvenir bahkan ada juga pelukis yang bisa langsung melukis wajah kita langsung jika kita mau. Harus hati-hati karena sepanjang jembatan ini sangat ramai turis dan orang yang patut di waspadai seperti pencopet dsb hehe


Pelukis karikatur


Seniman & boneka puppet (yg jaket coklat bkn seniman tp si papa 😂 )


Charles Bridge Gate


full of tourist 😂


It's Me 


Charles Bridge (Karlův most)

Selanjutnya kami berjalan lagi menuju ke Old Town Hall, yang merupakan pusat pemerintahan di Prague. Di Old Town Hall, terdapat berbagai bangunan pemerintahan dan yang paling selalu menjadi pusat turis adalah Astronomical Clock Prague (Pražský orloj). Astronomical Clock Prague memiliki keunikan yaitu setiap jam dari jam 9 pagi sampai 11 malam, akan berdentang dan di bagian atas akan muncul ke 12 rasul Yesus. Banyak turis khusus berdatangan untuk melihat atraksi ini, dan 15 menit sebelum berdentang sudah ramai berdiri di depan Astronomical Clock Prague ini, yang selama hampir 600 tahun menjadi peninggalan sejarah terbesar dari kota Praha.



at Old Town Hall Prague


Astronomical Clock Prague


Setelah itu, kami berjalan lagi menuju Powder Tower atau Powder Gate ( Prašná bránamerupakan gothic tower yang memisahkan antara Old town dengan New town.



Powder Tower Prague


Hari ke-3

Kami menuju ke Letná Park, salah satu taman terbesar di Prague, biasa orang berolahraga, atau piknik di sini. Sayangnya pas kami kesini, agak gerimis, tapi masih oke lah untuk lihat view Prague dari atas bukit hehe Untuk menuju kesini, dari apartement kami naik tram no 26, turun di Korunovační.



Charles Bridge from above


Prague view from above


Metronome


Prague city


Selesai foto-foto di Letná Park, sambil berjalan kaki kami turun ke bawah dan menuju ke salah 1 bangunan artistik yang cukup terkenal di Prague yaitu Dancing house (Tančící dům). Untuk menuju ke Dancing house, kami menggunakan Metro turun di Karlovo náměstí.  Dancing house ini di design dari tahun 1992 dan selesai tahun 1996 . Struktur bangunan dan design yang unik dari bangunan ini lah yang menjadikan Dancing house sebagai salah satu daya tarik turis saat mengunjungi Prague.


Dancing house (Tančící dům)



Statue of Alois jirásek (terletak di seberang Dancing House)


bergaya depan Dancing house 😆

Setelah berfoto2, kami balik lagi menuju ke Old Town menggunakan Metro. Muter - muter old town sekalian cari souvenir. Salah satu souvenir khas dari Prague adalah patung Matryoshka yang terbuat dari kayu. Sebenarnya kalau gak salah ini dari Rusia, tapi di Prague banyak banget di jual berbagai macam versi, warna dan ukuran. Yang ukuran sedang 1 set isi 5 harganya sekitar 10 € (ini yang aq beli untuk di rumah). Kalau ukuran besar 1 set isi 8 harganya sekitar 15-20 € tergantung motif, karena ada yang di pakaikan glitter2 jadi lebih mahal, kalau lukis warna biasa, harganya lebih murah.
Untuk souvenir lain magnet, postcard dll harganya gak beda jauh dengan di kota/negara Eropa lainnya kok. Jangan khawatir jika ingin berbelanja di Prague, meskipun mata uang mereka menggunakan Czech koruna (Kc) tapi mereka menerima Euro juga kok, tapi tentu saja sudah di konversi tergantung masing2 toko-nya.



Matroyshka yang aq beli 😊

Kalau ada yang notice dari kemarin kok gak bahas makan dimana, biasa di cerita sebelumnya selalu info makan di mana, hehe Yahh... karena selama di Prague kami makan gak terlalu cari makanan khas di sini, selain karena minim info, apa makanan khas di sini yang versi berat ya, bukan versi cemilan atau jajanan hahaha Kami sempat makan siang di salah 1 resto Jepang, ada sushi, ada udon, ada nasi kari, donburi dll, sangat tidak khas Prague khan...haha Trus malam hari kami sempat beli makanan siap saji di supermarket, jadi di apartement tinggal di panaskan di Microwave. Lalu kami sempat juga beli ayam goreng terkenal itu, inisial K*C 😂 dan makan ini kayanya ada lebih dari 1 kali dhe, karena ternyata ayam nya enak banget, plus bisa pilih pakai saus macam2. Sekali2 harus cobain kalau lagi main ke negara orang, makan ayam goreng itu, karena masing2 negara rasa-nya beda2 lho plus saus2 nya juga kadang beda, karena mereka juga menyesuaikan lidah di negara mereka masing2 ( ini menurutku lho ya hahaha)



Beef curry & rice


Fried Udon


Sushi

Nah, kalau jajanan alias cemilan khas yang harus banget di makan di sini adalah Trdelník. Semacam pastry yang di panggang, lalu di beri gula halus di pinggir pastry-nya. Versi original hanya pakai gula halus di luar saja, versi lain ada yang di tambah taburan cinammon, ada yang di beri isian cokelat Nut**la, ada yang di beri ice cream cokelat atau vanilla. Harganya sekitar 3-5€ per pc. Tapi kalau gak salah nih yaaa, di Indonesia khususnya di Jakarta/ Bsd, ada nih salah 1 outlet yang jual ini, pernah nyoba beli juga meskipun harus nunggu lama sekitar 1 jam baru bisa di ambil. Soal rasa sih yah mirip2 yah 11-12, tapi tetep harus nyobain di tempat asal-nya donk biar gak rugi dah jauh2 gak cobain 😋


Trdelník Cokelat 

Trdelník ice cream vanilla

Sekian cerita liburan kami di Prague alias Praha, secara keseluruhan sih kota ini oke untuk di kunjungi. Bangunan-nya khas kota tua, dan banyak tempat wisata yang bisa di lihat. Hanya saja untuk kondisi lingkungan, agak kurang nyaman buat saya pribadi karena beberapa tempat kurang terjaga kebersihan lingkungannya, kenapa bisa bilang begini, karena saya sempat mengunjungi negara bahkan kota lain, lingkungan dan tempat wisata-nya sangat terawat dan cukup bersih, agak sedikit berbeda dengan kota ini, tapi so far kota ini patut termasuk dalam salah 1 list untuk di kunjungi. Selain itu dari segi keamanan, kota ini termasuk yang sedikit agak buat deg2 serr sepanjang pergi karena harus jaga tas dan barang2 bawaan, banyak kejadian scam, copet dll beraksi, meskipun di negara atau kota lain juga pasti gak luput dari kejahatan, tapi di sini entah kenapa harus lebih extra hati2 aja.. Ini pendapat saya pribadi lho yah...Oia, kalau ada yang dah pernah ke sini, share2 juga ya cerita menarik-nya.. 😄



Prague city

My family and i 😘















Comments

Post a Comment