Nuremberg (Nürnberg) - Germany

Servus,

Ada yang pernah dengar nama kota ini? Sejujurnya waktu suami ngajak liburan kesini, sempet googling2 lama soal kota ini, ada apa aja, trus apa yang menarik dsb, maklum karena gak pernah dengar nama nya 😁.  Tapi akhirnya kami memutuskan pergi 25-27 Mei 2017, pas ada libur tgl merah, dan mumpung gak terlalu jauh2 banget perjalanannya hehe

Nuremberg terletak di wilayah Bayern, dan menuju ke sana dari tempat tinggal kami sekitar 1-2 jam perjalanan menggunakan kereta DB. Seperti biasa, kami menggunakan Bayern Tiket, untuk 2 org seharga 31€ yang bisa di gunakan sepanjang hari dan bisa di gunakan di kereta IC, tram, U-bahn selama di kota Nuremberg.

Sesampainya di sana, kami langsung menuju ke hotel untuk check-in dan taruh koper. Kami menginap di B&B Hotel, ada 2 hotel B&B di kota ini, B&B Hotel Nürnberg-Hbf dan B&B Hotel Nürnberg-City. Hotel yang kami tempati B&B Hotel Nürnberg-Hbf, seharga 138€/2mlm tanpa breakfast. Untuk menuju ke hotel, dari Nuremberg Hbf jalan kaki sekitar 15mnt. Hotelnya bersih, toiletries lengkap ada handuk, sabun dsb, ukuran kamar standar, kamar mandi bersih, ada TV dan telefon, recommend juga kalau mau pilih kamar untuk ber 3 atau ber 4, di hotel ini tersedia.  Oh iya, 1 lagi enaknya kalau booking di hotel ini bisa check in online 1 hari sebelumnya, nanti di kasih no kamar beserta password pintu kamar-nya. Tiap kamar pakai kode password bukan pakai kunci pintu biasa atau kartu magnetik seperti hotel2 pada umumnya.

Setelah check-in dan istirahat sebentar, kami berjalan menuju zentrum untuk cari makan siang. Sempet bingung mau makan apa, karena pilihan di zentrum ada beberapa tempat makan, tapi akhirnya kami memutuskan makan di Vapiano. Vapiano salah 1 resto Italy yang kebetulan saya suka banget makan di situ. Biasa kami makan di Linz, tapi ternyata di sini ada, jadi iseng mau coba siapa tau rasa atau menu nya beda. Dan ternyata untuk menu risotto yang fav saya di Vapiano, rada beda di sini isinya, jadi deh pesen menu risotto dan suami pesan spaghetti hehe. Rasanya kurang lebih sama dengan yang di Linz, enak dan untuk harga sekitar 8-12€/ porsi lupa persisnya berapa hehe Kami makan berdua dan minum total sekitar 27,5€.

Spaghetti

Risotto

Setelah kenyang makan, kami memutuskan untuk ke Dokumentation Centre Nazi Party Rally Ground (DokuZentrum), yang merupakan museum yang awalnya akan di gunakan untuk tempar kongress sekaligus menjadi tempat dokumentasi sejarah yang berhubungan dengan sejarah Jerman di masa lalu. Menuju ke Dokuzentrum, kami menggunakan tram no 8 dari Nuremberg Hbf dan langsung turun di halte Dokuzentrum. Untuk waktu berkunjung di dalam museum ini butuh waktu sekitar 1-2jam untuk berkeliling sekaligus mendengarkan sejarah Jerman. Harga tiket masuk dewasa 5€/org dan masing2 diberikan alat audio untuk mendengarkan sejarah dengan cukup menekan kode angka di setiap gambar/video yang terdapat di museum tersebut. Sayangnya sesuai ketentuan yang ada di web DokuZentrum, tidak boleh mem-publish foto2 di dalam museum. Foto2 saat itu boleh dilakukan, tapi tidak boleh di publish tanpa ijin, huhu Jadi share beberapa foto yang di luar museum aja yah :)

DokuZentrum

Tiket masuk

Audio Guide

Dari DokuZentrum, kami balik lagi ke kota tua (altstadt) dengan menggunakan tram no 8 dan turun di Hbf, dari situ berjalan kaki sekitar 15mnt menuju kota tua-nya. Di sana banyak beberapa landmark kota ini dan juga banyak toko2 souvenir, restaurant, cafe, dll. Kami mengunjungi beberapa :
  • St Lorenz Church

• Fountain of Virtue (Tugendbrunnen)
       Lokasi di samping St Lorenz Church, memiliki 6 arti/lambang yaitu Faith, Love, Hope, Courage, Moderation, and Patience.

• Beautiful Fountain (Schöner Brunnen
      Salah 1 tempat yang paling ramai di kunjungi turis, berlokasi di hauptmarkt dekat juga dengan FrauenKirche. Landmark dengan ketinggian 19mtr, dan berlapis emas, yang memiliki 40 figur. Terdapat gold ring yang konon katanya kalau kita memutar sebanyak 3x, bisa mendatangkan keberuntungan 😁

Beautiful Fountain

Gold ring

• Church of Our Lady (Frauenkirche)
      Berlokasi di dekat hauptmarkt, gereja ini dibangun dari tahun 1352-1361, dan bangunan serta isi di dalamnya bergaya gothic.

• Holy spirit hospital (Heilig Geist Spital)

• Fleisch Bridge

• Museum Brücke

• Ship of fool

Hari ke-2

Keesokan harinya, kami mengunjungi salah 1 tempat yang gak boleh di lewatkan kalau berkunjung ke kota ini, yaitu Kaiserburg Kastil. Untuk menuju lokasi ini kami berjalan kaki dari hotel melewati kota tua, sekitar 10-25mnt jalan kaki santai sambil menikmati pagi hari hehe Di lokasi kastil ini terdapat 3 bangunan yang bisa di kunjungi. Kami memutuskan hanya berjalan sambil foto2 di wilayah kastil, karena masih mau muter2 ke tempat lain, hehe Sedikit informasi, 3 bangunan yang ada di wilayah ini adalah Palas with double chapel, Bower (imperial museum) dan Deep well & Sinwell tower), dan tiket masuk untuk ke 3 bangunan tersebut 7€/org.

Map

Kaiserburg Kastil

Sinwell Tower

Deep Well

Heavenly Stables

Palas

Sinwell Tower

Secretariat Buliding

Setelah dari Kaiserburg Kastil, kami berjalan menuju Albrecht Dürer House, yang merupakan tempat dari salah satu seniman terkenal di Jerman, dimana terdapat beberapa karyanya yang di museum-kan di sini. Untuk masuk ke museum ini, harga tiket masuknya 6€/org, tapi lagi2 kami sih gak masuk yah, hanya foto2 di depan dan sekitarnya aja hehe

Albrecht Dürer House

Tiergärtnertor

Albrecht Dürer

The Hare & The Rabbit

Selanjutnya kami berjalan kembali lagi ke Hauptmarkt, dimana banyak stall yang berjualan buah- buahan, sayuran, barang antik dsb.

Sempat makan siang di salah 1 chinese restaurant, Imbiss Nihao yang terletak gak terlalu jauh dari hauptmarkt. Kami pesan mie goreng dengan topping bebek crispy, hehe Makan berdua habis sekitar 19,5€.

Kami juga sempat masuk ke St. Sebaldus Church, salah satu gereja gothic tertua di Nuremberg yang di bangun dari tahun 1225. Di dalam gereja juga terdapat organ tua dari tahun 1400, yang lalu di modifikasi atau di perbaiki lagi di tahun 1975.

St. Sebaldus Church

Organ

Lalu kami berniat untuk mengunjungi salah 1 cafe yang di miliki oleh orang Indonesia, dan mereka menjual dan memproduksi sendiri tempe dan tahu. Selama hampir 6 bln gak ketemu tempe, di bela-belain untuk khusus datang kesana demi bawa pulang tempe hehe Nama tempat nya adalah SojaHaus Setia. Menuju kesana kami menggunakan U1 dan turun di Gostenhof, dari stasiun tersebut jalan kaki sekitar 2 blok, kira- kira 10menit. Sempat berbincang2 dengan pemilik dan istrinya yang sudah tinggal lama di Jerman, sambil makan salah 1 kue yang enak banget, duh lupa namanya, tapi kalau gak salah terbuat dari wortel dsb, dan gak terlalu manis, jadi pas enaknya, harganya sekitar 2,5€/slice😋  Dan di sugguhi tempe mendoan plus sambel kecap dan tentunya tak lupa, apapun makanannya minuman nya ya si kotak teh itu 😁 sampe minum 1 lt berdua, gak berasa antara haus apa emang doyan haha (maklum tinggal nya di kota kecil, jarang banget ada produk dari Indonesia 😂)  *sambil ketik ini sambil ngebayangin minum teh itu, hadeuhhh... sabar...sabar.. 😂 Dan gak lupa kami pesan tempe dan tahu untuk di bawa pulang, di packing sangat rapi dan di vacuum, jadi gak berantakan kalau taruh di koper/tas hehe Harga tempe 2,5€/pc sekitar 200-250gr (lupa persisnya), dan tahu 8€/pack.

Cake

Tempe & Tahu

Tempe

Oia, sebelum ke Sojahaus, kami beli tiket harian dulu, belinya di stasiun dengan harga tiket harian 11,9€/ 2 org. Dan jangan lupa untuk validasi tiketnya sebelum di pakai ya, kalau gak mau kena denda hehe

Dari Soja Haus, saya yang dah lama pengen banget makan ribs, akhirnya nyari2 dimana tempat makan ribs yang enak. Dan ketemulah salah 1 tempat makan ribs yang menurut review orang sih enak, cuman agak jauh aja tempatnya. Tapi gak apa lah, namanya kepengen khan daripada nyesel haha Nama tempat ribs nya Boogie's BBQ, menuju kesana kami menggunakan tram no 4, dan turun di Gibitzenhof, dari situ berjalan kaki agak lumayan jauh sekitar 20-30mnt menuju ke Boogie's. Menu yang jadi pilihan tentu saja ribs-nya, dalam 1 paket dapat ribs plus 2 pilihan menu pendamping, dan untuk saus tersedia 4 pilihan rasa yang di taruh di setiap meja, bebas ambil. Harga 1 paket ribs-nya 13,5€.

Ribs + salad (chips nya blm di buka)

Ribs + chips + Potato salad

Hari ke-3

Kami cuman punya waktu sampai siang di sini, karena siang sudah jadwal kereta kami pulang. Pagi sarapan di bakery dekat zentrum, dan lalu kami sempat masuk ke St. Lorenz Church. Hari sebelumnya kami belum sempat masuk karena sempat di tutup, kalau gak salah karena ada konser paduan suara yah, jadi untuk masuk harus beli tiket konser nya. St. Lorenz Church di bangun tahun 1250 selesai di tahun 1477.

St. Lorenz Church

Altar

Organ

Oia, sebelum pulang sempat beli souvenir dulu di sini. Salah 1 yang khas dari kota ini adalah pajangan yang terbuat dari kayu. Kami beli 1 boneka kayu yang ada per-nya buat di gantung, harganya 16€. Kalau magnet, standar sih harganya sekitar 4-5€/pc. Kalau patung2 boneka di foto ini, harganya bervariasi sekitar 10-20€ tergantung ukuran dan kerumitan nya, karena kalau gak salah ini handcraft gitu, jadi agak wajar lah harganya sebanding 😉 .

Selesai dhe perjalanan singkat 3hari 2 malam di kota ini, ternyata kota ini menyenangkan juga, banyak tempat2 yang menarik untuk di kunjungi. Terutama salah 1 nya yang banyak di kunjungi wisatawan yaitu pada bulan Desember, di mana kota ini merupakan salah 1 kota yang memiliki Chrismast Market yang keren banget. Semoga nanti ada kesempatan bisa menikmati suasana Natal di kota ini ya 😄

Next, ada jalan2 lagi di bulan depannya...

Kemana? 😏

Di tunggu aja yah cerita perjalanan di kota berikutnya... 😊

Popular posts from this blog

Proses pengurusan ijin tinggal (residence permit) dan visa (D) Schengen ke Austria

Family Trip - Part 2 ( Hallstatt )