Keindahan di kota yang bernama Cesky Krumlov

Servus,

Jalan - jalan singkat waktu musim gugur tahun lalu ke kota ini. Hah? 2017? hahaha Iyaahhh,,maklum baru sempat nulis setelah 1 thn pergi nya wkwk Jalan - jalan di kota terakhir waktu papa mama kesini Oktober tahun lalu, dan kebetulan saudara dari Ams juga mau datang dan papa mama pulang ke Ams bareng mereka. Jadi kami memutuskan jalan jalan dulu ke Cesky Krumlov. Cesky Krumlov, yang merupakan salah satu kota di Ceko Republik. Kalau kalian tahu Prague/Praha, nah mereka tuh, ibarat nya kaya Kota Jakarta sama kota Yogyakarta hehehe Prague tuh ibu kota nya Ceko Republik.

Jujur aja, seperti biasa saya gak terlalu tahu tentang kota ini, kalau gak karena di ajak kesini, mungkin hanya tahu kota - kota besar di negara tertentu aja haha Dan.... gak nyesel donk maen kesini.. Selain lokasi nya ternyata gak terlalu jauh- jauh amat dari tempat tinggal kami, sekitar 2 jam naik mobil. Sempat baca dulu, ada apa aja sih di kota ini. Dan banyak orang yang rata rata mengatakan bahwa kota ini sangat indah, masih mempertahankan bangunan dan ke arif-an lokal nya. Gak ada tuh yang namanya resto fastfood di sini, karena pemerintah nya tetap pengen kota ini tetap sesuai asli nya, gak terkena modernisasi haha Oia, satu lagi nih, kastil nya menjadi salah satu dalam tempat yang di lindungi oleh UNESCO sejak tahun 1992. Jadi makin penasaran sama kota ini khan hehe

Perjalanan menuju Cesky dari tempat tinggal kami, menggunakan kereta sampai ke Linz, lalu di sambung dengan travel mobil menuju Cesky. Tiket kereta dari tempat tinggal ke Linz, menggunakan tiket harian untuk 2 org 33€ dan travel mobil dari Linz ke Cesky dari www.ckshuttle.cz , 500 Czk/org atau sekitar 24€ / org. Perjalanan dari Linz menuju Cesky sekitar 1,5 jam. Menggunakan travel tersebut sangat praktis dan mudah, tinggal mengunjungi ke web, lalu mengisi booking form, bayar lalu terima konfirmasi via email. Di pengisian form, nanti di tulis lokasi penjemputan dan di antar sampai tujuan. Kami memilih di jemput di Stasiun kereta Linz dan di antar langsung ke tempat kami menginap di Cesky. Di jemput pake van, maksimal 8 orang dan dapat air mineral juga.

Untuk penginapan di Cesky kami memilih menginap di R-Penzion untuk 7 org, untuk rate harganya sekitar 30-50€ per room, di luar breakfast. Breakfast 4€/org. Kamar nya besar, nyaman, dan kamar mandi nya juga bersih. Kami dapat kamar paling atas di lt 3. Untuk sarapan sih ala bule banget ya, roti, salad, buah, minumnya teh dan kopi.

Setiba di sana, sore harinya kami berjalan kaki menuju pusat kotanya. Jalan kaki dari penginapan sekitar 15-20 menit kira-kira.  Kota Cesky Krumlov ini tidak terlalu besar, dan kalau menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, sebaiknya cari penginapan yang menyediakan tempat parkir, dan untuk menuju ke pusat kota dan museum2 bisa jalan kaki lebih efektif. Karena sepanjang yang saya lihat, cari parkiran mobil di pusat kota cukup sulit yah.

Kami berjalan sambil menikmati pemandangan di kota ini menuju centrum. Gak lupa juga berfoto di berbagai spot hehe Salah satu nya di Seminรกrnรญ zahrada Park, dari sini ada view Kastil dan sungai Vltava. Di seberang taman ada bangunan bekas asrama Jesuit dari abad ke 16.

Cesky Krumlov

Bangunan ex Jesuit asrama

Cesky Krumlov Castle

Catholic Church

Fountain and Plague Column

Old town

Lalu kami memutuskan makan malam di salah satu restaurant yang di rekomen oleh pemilik airbnb tempat kami menginap. Nama tempat nya Na Louzi,  menyediakan berbagai makanan khas Cesky atau Bohemian speciality. Ini beberapa menu makanan yang kami pesan. Harga nya bervariasi dari 229 CZK untuk chicken , Roast Duck dan Griled Sirloin sekitar 269 CZK. Dan bagi penyuka minuman alkohol, jangan lewatkan salah satu bir khas Cesky yah...

Roast Duck with potato dumplings

Breast chicken with potato

Griled Sirloin

Keesokan hari nya kami jalan- jalan menuju beberapa tempat yang harus di kunjungi saat main di kota ini. Cukup berjalan kaki dari penginapan ke pusat kota sekitar 20 menit. Sebelum ke kastil, kami sempat brunch dulu di salah satu kafe yang banyak di review orang terutama soal crepes dan Trdelnik yaitu di MLS Creperie. Maklum ,saat itu saya sempet kepengen banget makan yang manis2 dan entah kenapa pilihannya selalu mau nya makan crepes ๐Ÿ˜ Saya pesan crepes dengan Nutella dan hazelnut harganya 99 Czk dan suami pesan crepes caramel harganya 89 Czk , dan minuman hot coklat 55 Czk dan raspberry lemonade 55 Czk. Tempat nya cozy banget dan menyediakan selain crepes yang manis, juga crepes yang asin serta gak ketinggalan Trdelnik yang salah satu khas dari Ceko ini.

MLS Creperie

Crepes & Drinks

Setelah brunch, kami berjalan sekitar 10 menit menuju  Cesky Krumlov Castle. Untuk masuk dan hanya sekedar berjalan di sekitar kastil tidak dikenakan biaya, tapi jika ingin masuk ke museum, theatre, dan tower harus membayar tiket masuk. Kami sempat melihat di bagian penjualan tiket apa saja yang di tawarkan untuk tour mengelilingi Kastil ini. Ada beberapa macam tour dengan tarif tiket yang berbeda-beda. Kalau menurut berbagai informasi yang sempat saya cari, yang wajib banget di kunjungi itu theatre dan tower nya. Sayangnya saat itu kondisi saya belum memungkinkan untuk tour dan naik2 ke tower hehe Jadi, kami memutuskan untuk berjalan - jalan di sekeliling kastil saja sampai ke Castle Garden (tapi gak sampe masuk ke dalam taman, karena saat itu udah capek banget jalan hehe)

Lazebnickรฝ most Bridge

Gate Cesky Krumlov castle

The Castle tower

Fountain at Cesky krumlov castle

Kami juga melewati tempat dimana beruang di kastil ini secara turun temurun ada. Saat ini kondisi beruang tidak dalam kondisi yang ideal. Tempat tinggal yang kurang sesuai dengan habitat dan kondisi badan beruang membutuhkan banyak bantuan dari lingkungan dan organisasi pecinta hewan. Kami beruntung bisa bertemu meskipun sebentar dengan beruang saat itu. Dimana banyak pengunjung kastil yang kadang tidak bisa bertemu dan melihat langsung beruang saat berkunjung ke kastil.

Bear moat at Cesky Kromlov castle

Setelah melewati kandang beruang, kami masuk ke wilayah kastil. Untuk berjalan- jalan di sekitar kastil tidak dikenakan biaya, tapi kalau masuk ke museum2 nya tentu saja ada biaya. Kami berjalan sampai ke arah taman, lumayan jauh juga, tapi tidak terasa karena di setiap spot tempat banyak bisa foto foto dan melihat keindahan Cesky Krumlov dari atas.

Castle no 59, little castle

Castle no 59, upper castle

Inside upper castle

View from Cesky Krumlov castle

Cloak Bridge

Selfie at Cloak Bridge

Bridge at Park (near Vltava river)

Vltava river view

Cesky Krumlov Castle

Setelah puas berkeliling kastil, kami mencari makan siang yang kesorean karena jam 3 sore baru makan hehe Untung ada resto yang buka jam segitu, karena biasanya ada beberapa resto yang jam 3 sore sudah tutup, karena jam istirahat dan baru buka lagi di jam makan malam sekitar jam 6 sore. Makan siang di Restaurant Pod Radcini, lokasi nya dari centrum ke arah jembatan yang menuju Kastil. Kami pesan menu Pork Knuckle (non halal) 220 Czk  dan Old bohemian garlic soup with cheese (ini superrr enakkk bangeetttt ) 30 Czk , masakannya enak2 dan lumayan banyak jadi makan ber 2 sih kenyang yah hehe, tempat nya juga nyaman dengan bangunan yang khas Ceko. Selesai makan, kami berjalan - jalan lagi ke sekitar danau Vltava, sambil cari Trdelnik untuk di bawa pulang hehe

Old bohemian garlic soup with cheese

Pork Knuckle

Trdelnik

Malam harinya karena bingung mau makan dimana, akhirnya kami makan lagi di tempat yang sama waktu hari kemarin hehe Menu nya sih gak beda jauh sama hari kemarin, cuma yang beda nih grilled fish nya aja hehe

grilled fish

My Parents

Keesokan harinya kami berpisah dengan keluarga, karena mereka melanjutkan perjalanan pulang ke Ams dan saya kembali pulang ke rumah. Tapi sebelumnya kami sempat merayakan ulang tahun mama dulu, karena tepat hari itu beliau berulang tahun ๐Ÿ˜Š

wefie with my family

Kembali ke rumah dengan menggunakan ckshuttle lagi seperti waktu berangkat. Sebelumnya kami sudah booked dulu untuk PP, jadi tinggal tunggu di jemput di apartemen saja. Harga tiketnya sama, 500 Czk/orang, dan kami di antar sampai Linz. Dalam 1 mobil, ada juga rombongan orang asia kalau gak salah sih dari Korea ya, soalnya sempat dengar mereka ngobrol haha Dan mereka menuju Salzburg dengan shuttle tersebut. Jadi kalau kalian ada yang ingin melanjutkan perjalanan dari Cesly Krumlov ke Salzburg juga bisa booked di situ. Perjalanan nya tentu lebih lama sekitar 1-2 jam dari kami ke Linz.

Perjalanan ke Cesky Krumlov cukup mengesankan, kota nya tidak besar, tidak seramai Prague/Praha, tapi kota ini gak kalah indah, cantik dan menarik untuk di kunjungi. Kalau main- main ke wilayah Czech, selain ke Prague/Praha, sempatin deh main ke Cesky Krumlov, ada yang trip 1 hari PP dari Prague juga karena perjalanan cukup 1,5 jam, tapi kalau saran saya sih lebih baik menginap 3 hari 2 malam di sini, cukup dan gak ke buru- buru, jadi bisa santai menikmati kota hehe. Untuk biaya penginapan, makan dll saya bisa bilang tidak terlalu mahal dibandingkan Prague. Di sini menggunakan mata uang Czech Koruna, konversi dengan Euro 1€ = 26 CZK, tapi jika ingin berbelanja atau makan dengan Euro mereka akan mengkonversi hanya sekitar 24 CZK ๐Ÿ˜.

Cesky Krumlov

Auf Wiedersehen....

Popular posts from this blog

Proses pengurusan ijin tinggal (residence permit) dan visa (D) Schengen ke Austria

Family Trip - Part 2 ( Hallstatt )